Sunday 24 January 2010

Posted by Surya Purnawan


Mengerti sifat 'Air' yang selalu mengalir dari atas ke bawah,
air akan selalu mengikuti kemana alurnya bergerak, dan akan terus bergerak dari sumber mata air, jatuh melalui air terjun, mengalir terus mengisi sungai, dan bergerak dari hulu sampai ke hilir.

air tenang bukan berarti tidak bergerak,
sesuatu yang terlihat tenang pun masih terpengaruh oleh angin dan juga terus bergerak, semua ada prosesnya.
Pikiran yang tenang pun bukan berarti tidak bergerak, pikiran akan terus bergerak seperti air.

Air memiliki kelebihan dan kekuatannya, semakin kencang tekanan yang diberikan semakin besar kekuatan yg dihasilkan.
Mereka yang sering menyirami tanaman paling mengerti kekuatan air yg mengalir melalui selang, semakin kencang tekanan semakin jauh dan kuat daya pancurnya.
Sehingga perubahan kekuatan dan tekanan inilah digunakan untuk menghibur semua orang dengan air mancur yang bergerak dengan indahnya.

Air di lautan dengan ombaknya yang dasyat, menerjang Karang dengan kekuatannya dan tamparannya yang luar biasa. Ibarat pikiran dengan emosi yang meluap-luap dan meletup-letup, bisa menghancurkan apa saja dan siapa saja yang menghalanginya.

Belajar dari sifat Air ini, Manusia juga semakin tertekan atau ditekan, seharusnya semakin kuat daya juangnya. Tetapi sayang hati dan jiwa kita terlalu lembut sering kali tidak kuat menahan tekanan, belum lagi berjuang, telah hancur dulu hatinya menghadapi segala tekanan hidup yang beraneka ragam. Tapi bukan berarti tidak bisa mengatasi dan melewati tekanan ini, dengan membuka wawasan dan memperluas dan membesarkan jiwa, hati dan pikiran kita, maka tekanan yang berat pun semoga semakin berkurang...

Ada satu sifat air yang indah, yaitu air dapat mencuci segala jenis kotoran, walau dalam hal tertentu membutuhkan sahabatnya yaitu sabun atau detergent, yang malah kadang mencemari air itu sendiri.
Memang tidak mudah untuk mencuci dan membersihkan pikiran kita sendiri, kadang memerlukan kondisi lain untuk membuat pikiran menjadi tenang dan bahagia, contohnya hiburan, rekreasi. tetapi tidak sedikit pula jenis hiburan yang malah mencemari pikiran itu sendiri.

Belajar dari air, merenung sifat-sifat air, dan belajar 'sambil menyelam minum air' (menyelamnya di pabrik air kemasan dong), semoga dapat membuat bathinmu yang kering menjadi segar dan sejuk kembali, dibasahi air yang memberi kedamaian.

Hanya pesan-pesan sponsor yang penting untuk diingat:
"Kalau Haus... Jangan Lupa Minum Air".
"Kalau sudah gerah, Ingatlah segera mandi".
"Jangan Main air Hujan, kata mama.. nanti sakit"
"Jangan membuang-buang Air bila tidak diperlukan, karena tagihan Air semakin mahal"
"Air putih dalam kemasan nanti lambat laun akan lebih mahal dari satu liter bensin"

Salam Mudita~

source from : http://www.facebook.com/search/?q=sakya+sugata&init=quick#/notes/sakya-sugata/air-oh-air/247338251394

0 comments:

Post a Comment

This Blog Visitors

free counters

About Me

My photo
Actually, I'm type of person who can't describe my self well~